Monday, August 6, 2012

Your Three Words

Diawali dengan pertanyaan sederhana, "Apa tiga kata yang pertama kali kaulihat?"

Awalnya gambar ini dijadikan DP BBM salah seorang di daftar kontak saya. Dan, ketika saya perbesar, tiga kata pertama itu tiba-tiba "timbul" dari lautan huruf di atas. Semenit pertama, saya manggut-manggut mengiyakan, karena memang rasanya cocok dengan kondisi kejiwaan saya saat itu.

Lalu, menit-menit berikutnya, saya tiba-tiba teringat Forer Effect dan ketiga kata yang saya baca barusan mendadak tidak lagi tampak innocent.

Karena itulah, saya memutuskan untuk melakukan survei kecil-kecilan. Tujuan (dan Hipotesis-nya) sederhana: "Love" adalah kata yang paling sering dipilih karena lokasinya yang paling strategis (tepat di bawah perintah). Dan, coba tebak apa yang saya temukan?

Hampir 90% dari para responden memilih "Love" sebagai salah satu dari tiga kata mereka. Hipotesis terbukti, kecurigaan saya (separuh) terjawab.

Tapi, yang menarik justru bukan itu, melainkan fakta kalau tiga kata yang dipilih teman-teman saya adalah tiga kata yang paling merepresentasikan dirinya (menurut saya). 

Mau bukti? Ini beberapa di antaranya:
1. Love, Beauty, Youth/Time/Health mayoritas dipilih oleh perempuan, tak peduli ibu-ibu atau remaja cewek, termasuk teman sebelah-kubikel di kantor* dan seorang budding model.
2. Love, Lust, Stir, dipilih oleh seorang teman kuliah yang hidupnya sangat dinamis: hobi hiking, nonton konser, dan backpacking. Mungkin "lust" di sini maksudnya gairah hidup, bukan yang itu.
3. Time, Honest, Freedom, dipilih oleh seorang teman kuliah merangkap aktivis himpunan yang terkenal sangat menjunjung tinggi integritas ke mana pun dia pergi. Pokoknya cap gajah banget deh.
4. One, Friends, Love, dipilih oleh seorang rekan sejawat (baca: atasan) yang friendly dan suka berkomunitas.
5. Freedom, Honest, Intelligence, dipilih oleh sesama almamater cap gajah yang juga terkenal sebagai aktivis himpunan sewaktu kuliah dulu.
6. Love, Humour, Free, dipilih oleh 2nd Runner Up HiLo Green Ambassador 2012 yang (kayaknya sih) terkenal ramah, sederhana, serta lucu.
... and the list goes on

Eksperimen kecil ini menunjukkan bahwa setiap orang berbeda.Setiap orang punya kelebihannya masing-masing. Dan bagiku, menarik sekali bisa mempelajari sifat baik orang lain dan menerapkannya pada diri sendiri.

BTW, my three words is Love, Intelligence, and Money. What's Yours?

*Menarik untuk disebutkan kalau Love, Beauty, dan Youth adalah tiga kata yang berturut-turut terletak di baris pertama, kedua, dan ketiga. Bagaimana menurutmu? Apakah cukup Innocent?




No comments:

Post a Comment